SAMPUL DAN LEMBAR PENGESAHAN
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN
HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN KOMPETENSI DASAR MENGURAIKAN PROSES TERBENTUKNYA KESADARAN
NASIONAL, IDENTITAS INDONESIA, DAN PERKEMBANGAN
PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA SISWA
KELAS
VIII.B SEMESTER GANJIL DI SMP
ISLAM
ASSIDDIQY TAHUN
PEMBELAJARAN 2013/2014
SKRIPSI
Oleh :
ABDUL MUHYI
NIM. 09.3763
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU
REPUBLIK INDONESIA
STKIP PGRI
SITUBONDO
2014
MOTTO
“Semangat adalah salah satu
mesin terkuat kesuksesan. Ketika kau
melakukan sesuatu, lakukanlah sekuat tenaga. Curahkanlah seluruh jiwamu.
Tandai dengan kepribadianmu sendiri. Jadilah aktif,
jadilah energik, jadilah bersemangat dan setia, dan kau
akan mencapai tujuanmu. Tak ada hal besar yang dicapai tanpa
semangat”
(Ralph Waldo Emerson, Penulis Esai dan Pujangga Amerika)
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Collaborative
Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran
IPS Terpadu dengan Kompetensi Dasar Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia,
dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia Siswa Kelas
VIII.B Semester Ganjil di SMP Islam Assiddiqy Tahun Pembelajaran
2013/2014” yang diajukan oleh :
Nama : ABDUL MUHYI
NIM : 09.3763
Tempat Tanggal
Lahir : Situbondo, 05 Juni 1990
Fakultas/Prodi : P. IPS/ Ekonomi
Telah disetujui
untuk diajukan dalam sidang ujian skripsi.
Situbondo, Januari 2014
Pembimbing
......................................................
PERSEMBAHAN
Tiada yang dapat ku persembahkan, hanyalah skripsi ini
sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih yang dalam dari secercah
kebahagiaan yang telah kugapai
v Kuhanturkan
untuk ayah dan ibuku tercinta yang telah menghantarkan keberhasilanku dengan
segenap cucuran keringat dan untaian kasih sayang serta doa dan pengorbanan
tulus dalam membekali diriku untuk hari esok yang lebih cerah
v Kepada
Guru – guruku yang kuteladani yang dengan ikhlas hati membimbingku ke gerbang
cita - cita
v Sahabat
dan teman-temanku yang selalu menemaniku dalam penyelesaian skripsi ini.
v Almamaterku
yang aku banggakan.
v Semua
orang-orang yang menghargai hasil karyaku ini.
HALAMAN PERNYATAAN
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : ABDUL MUHYI
NIM : 09.3763
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa
karya ilmiah ini yang berjudul Penerapan Model
Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Kompetensi Dasar Menguraikan proses terbentuknya kesadaran
nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia Siswa Kelas VIII.B Semester Ganjil di SMP Islam Assiddiqy Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah benar-benar hasil karya
ilmiah sendiri, kecuali jika dalam pengutipan substansi disebutkan sumbernya
dan belum pernah diajukan pada instansi manapun, serta bukan karya jiplakan.
Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap
ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
Demikian pernyataan
ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa adanya tekanan dan paksaan dari pihak
manapun serta bersedia menerima sangsi akamedik jika dikemudian hari pernyataan
ini tidak benar.
Situbondo, Januari 2014
ABDUL MUHYI
PENGESAHAN
Skripsi
dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu
dengan Kompetensi Dasar Menguraikan
proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan
perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia Siswa
Kelas VIII.B Semester Ganjil di
SMP
Islam Assiddiqy Tahun Pembelajaran 2013/2014”
Telah berhasil dipertahankan pada sidang dewan penguji dan diterima
sebagai bagian dari persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar sarjana
Pendidikan Program Studi Pendidikan IPS/Ekonomi di STKIP PGRI Situbondo.
Hari : Minggu
Tanggal : 26 Janauri 2014
Tempat : STKIP PGRI Situbondo
Tim Penguji
|
|
K e t u a,
........................................................
NIP. ......................................
|
Sekretaris,
...........................................................
|
Penguji I,
.................................................................
|
Penguji II,
....................................................................
NIDN. ............................
|
Mengetahui,
Ketua
STKIP PGRI Situbondo
...............................................................
NIP. ...............................................
|
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayahnya
sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
Skripsi ini berjudul “Penerapan
Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Kompetensi Dasar Menguraikan proses terbentuknya kesadaran
nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia Siswa Kelas VIII.B Semester Ganjil di SMP Islam Assiddiqy Tahun Pembelajaran 2013/2014.” Disusun guna memenuhi salah satu
syarat untuk menyelesaikan pendidikan program sarjana jurusan Pendidikan IPS STKIP
PGRI Situbondo.
Pada
kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan dan bimbingan dalam
penulisan Skripsi ini, terutama yang terhormat:
1. Ketua STKIP PGRI Situbondo
2.
Ketua Program Studi Pendidikan IPS.
3.
Dosen Pembimbing .................................
4.
Semua pihak yang telah membantu penyelesaian skripsi
ini.
Semoga bantuan, bimbingan dan dorongan beliau dicatat
sebagai amal baik oleh Allah SWT dan skripsi ini bermanfaat bagi kita.
Situbondo, Januari 2014
Penulis
ABDUL
MUHYI
0 Response to "SAMPUL DAN LEMBAR PENGESAHAN"
Post a Comment