CONTOH PENULISAN MATRIK UNTUK SKRIPSI
CONTOH PENULISAN MATRIK SKRIPSI UNTUK TEMAN CALON SERJANA
Matrik Penelitian Tindakan Kelas
Judul : Penerapan Pembelajaran Collaborative Learning mata
pelajaran IPS Terpadu dengan kompetensi dasar mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya guna meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas VIII.B semester ganjil di .................................. Tahun Pelajaran 2013/2014
No.
|
RUMUSAN MASALAH
|
KONSEP
|
MASALAH DAN CARA PEMECAHAN MASALAH
|
HIPOTESIS TINDAKAN
|
METODE PENELITIAN
|
DAFTAR PUSTAKA
|
||
SUBJEK DAN LOKASI PENELITIAN
|
PENGUMPULAN DATA
|
ANALISIS DATA
|
||||||
1
2
|
Apakah Penerapan Pembelajaran Collaborative Learning dapat
Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya penanggulangannya guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas
III.B semester ganjil di ..........................Tahun Pelajaran 2013/2014
Apakah Penerapan Pembelajaran Collaborative Learning dapat
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya penanggulangannya guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas VIII.B semester ganjil di .......................Tahun Pelajaran 2013/2014
|
·
Pembelajaran
Collaborative Learning :
1. Kerjasama dua orang atau lebih
2. Memecahkan masalah bersama
3. Mencapai tujuan bersama
¶ Aktivitas merupakan kegiatan peserta pada
waktu pembelajaran
¶ Hasil belajar merupakan nilai ulangan
harian siswa
|
Masalah :
·
Hasil
belajar Siswa tidak mencapai ketuntasan minimal secara klasikal yang telah
ditetapkan oleh sekoah
Pemecahan Masalah :
Pembelajaran Collaborative
Learning digunakan untuk mencapai memenuhi ketuntasan
klasikal
|
Adanya peningka tan aktifitas dan hasil belajar siswa sehingga
mencapai KKM yang telah ditetapkan
|
Subjek
Penelitian :
Siswa kelas VIII.B
lokasi
Penelitian :
.....................
|
· Tes
· Observasi
· Wawancara
· Dokumentasi
|
·
Deskriptif
Kualitatif
·
Rumus
Ketuntasan Belajar
n
P = x 100 %
N
Keterangan :
P = Persentase ketuntasan belajar siswa
n = Jumlah siswa yang tuntas
N = Jumlah seluruh siswa
·
Rumus
Keaktifan
N
P = x 100 %
M
Keterangan :
P = Persentase ketuntasan keaktifan
N = Jumlah skor yang diperoleh
M = Jumlah
skor maksimal
|
·
Hobri,
2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jember, Pena Salsabila.
·
Thabroni,Muhammad,2011, Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media
|
Mengetahui
Situbondo, Juli
2013
Pembimbing I Mahasiswa,
makasih bantuanya mas bro
ReplyDeletesama-sama semoga ber mamfaat
Deletethanks a lot.useful
ReplyDeletethanks. ini bermanfaat :)
ReplyDeletesilahkan di ambil jika itu di butuhkan
ReplyDelete