Iklan google

Iklan

ABSTRAK DALAM UNTUK SKRIPSI

ABSTRAK

MUHYI, ABDUL. Januari 2014 Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning  Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Kompetensi Dasar Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya Siswa Kelas VIII.B Semester Ganjil di SMP Islam Assiddiqy Tahun Pembelajaran  2013/2014.

Jurusan            : P. IPS (Pendidikan Ekonomi)
Pembimbing    :
Kata Kunci     :Collaborative Learning, aktivitas dan                            Hasil Belajar

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Penerapan pembelajaran Collaborative Learning untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar mata pelajaran IPS Terpadu dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. Aktivitas belajar siswa adalah salah satu tindakan pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai siswa. Masih banyak model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa dan pada akhirnya  siswa akan merasa bosan saat mengikuti proses belajar di dalam kelas.
Penelitian dilakukan sejak tanggal 25 Oktober s.d 25 November 2013 dengan obyek penelitian siswa kelas VIII.B Sebanyak 30 siswa. Desain penelitian menggunakan skema Hopkins dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Ketuntasan klasikal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jika terdapat 85 % siswa kelas VIII.B yang tuntas belajar secara individu. Dari data hasil belajar pra siklus yang diperoleh dari guru kelas dapat dirinci bahwa dari 30 jumlah total siswa kelas VIII.B ada 9 siswa tidak tuntas belajarnya dan 21 siswa telah tuntas belajarnya dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70 %. Hasil belajar rendah dikarenakan siswa pasif saat mengikuti proses belajar di dalam kelas.
Penelitian dengan menerapkan pembelajaran Collaborative Learning yang dibagi dalam 2 Siklus dapat dilihat ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pembelajaran Siklus I aktivitas siswa dalam proses belajar cukup aktif dan hasil belajar siswa naik sebesar 7 %. Ketuntasan klasikal Siklus I sebesar 77 %. Hasil belajar siswa Siklus I, masih belum dapat dikatakan tuntas secara klasikal maka dilanjutkan pembelajaran pada Siklus 2, aktivitas belajar siswa dalam kategori aktif, peningkatan hasil belajar siklus 1 dan siklus 2 meningkat  10 % dan hasil ketuntasan klasikal pada siklus 2 mencapai 87 %. Dengan tercapainya ketuntasan belajar secara kasikal yang diperoleh siswa kelas VIII.B SMP Islam Assiddiqy maka tidak perlu tindakan siklus lanjutan lagi.


ABSTRACT

MUHYI, ABDUL. January 2014 Implementation of Collaborative Learning Model to Improve Learning Activities and Student Results Subjects with IPS Integrated Basic Competence Identify population problems and efforts to overcome VIII.B Semester Grade Students at SMP Islam Assiddiqy Learning Year 2013/2014.


Subject             : P. IPS (Economic Education)
Supervisor       :
Keywords       : Collaborative Learning, and Learning Outcomes activity
 

The purpose of this research is to improve the activity and student learning outcomes through the application of Collaborative Learning to improve the learning and mastery learning activities social studies integrated with core competencies Identify population problems and mitigation efforts. Student learning activities is one of the actions that affect learning in the learning outcomes achieved by students. There are many models of learning are applied less aroused teacher and student learning activities students will eventually get bored while following the learning process in the classroom.
The study was conducted on 25 October to 25 November 2013 with the object of research grade students VIII.B A total of 30 students. Hopkins research design scheme using four phases: planning, action, observation and reflection. To obtain research data using the method of observation, interviews and tests. Data analysis in this study used a qualitative descriptive analysis. Classical completeness are defined in this study is if there is a 85% VIII.B graders who pass the study individually. From the pre-cycle learning outcomes data obtained from classroom teachers can be specified that the total number of 30 students there VIII.B grade 9 students do not complete their study and 21 students have completed their study with classical completeness percentage of 70%. Low because student learning outcomes while following passive learning in the classroom.
Research by applying the Learning Collaborative learning is divided into two cycles can be seen there is an increase in activity and learning outcomes. First cycle of learning activities of students in the learning process is quite active and student learning outcomes increased by 7%. Classical completeness Cycle I by 77%. Student learning outcomes Cycle I, still can not be said to be complete in the classical then continued learning in Cycle 2, students' learning activities in the active category, increased yield learning cycle 1 and cycle 2 increased by 10% and the classical completeness results in cycle 2 was 87%. With the achievement of mastery learning kasikal obtained VIII.B grade students of SMP Islam Assiddiqy it is not necessary further action cycle again

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ABSTRAK DALAM UNTUK SKRIPSI"

Post a Comment