Iklan google

Iklan

inilah peran dan fungsi perpustakaan

FUNGSI DAN PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Apabila kita memasuki suatu perpustakaan, yang kita lihat pertama adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara rapi di rak buku, rak maja-lah, maupun rak-rak bahan pustaka lain.
Bahan-bahan pustaka tersebut diatur menurut suatu sistem tertentu sehing-ga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang diperlukan.
Pertanyaan yang timbul pada diri kita adala apakah setiap jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara sistematis boleh disebut perpustakaan? Atau de-ngan kata lain, apakah sebenarnya perpustakaan itu?
Banyak batasan atau pengertian tentang perpustakaan yang disampaikan oleh para pakar di bidang perpustakaan. Anda dapat mempelajari beberapa pengertian perpustakaan seperti di bawah ini :
        Menurut kamus “ The Oxford English Dictionary”,kata “library” atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1374, yang berarti sebagai “ suatu tempat buku-buku diatur untuk dibaca, dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan”.
        Pengertian perpustakaan ini pada abad ke-19 berkembang menjadi “ suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang dipelihara dengan baik,dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan mas-yarakat tertentu.
        Dalam perkembangannya lebih lanjut, pengertian perpustakaan mempe-roleh penghargaan yang tinggi, bukan sekadar suatu gedung yang berisi kolek-si buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
        Pada tahun 1970, The American Library Association menggunakan isti-lah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “ pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan “.
        Dalam pengertiannya yang mutakhir, seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa “ perpustakaan merupa-kan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

1.2. Identifikasi Masalah 

Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar sekaligus, yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pe-lestarian bahan pustakan; fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pe-ngetahuan, teknologi dan kebudayaan; serta tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.

1.3. Perumusan Masalah

Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggunng jawabnya kepada kepala se-kolah; yang melayani sivitas akademika sekolah yang bersangkutan.






















BAB II
FUNGSI PERPUSTAKAAN

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa perpustakaan me-rupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimak-sud merupakan hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi il-mu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidu-pan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Dalam pengertian perpustakaan yang mutakhir ini juga tersirat fungsi per-pustakaan pada umunya, yaitu sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, tekno-logi dan kebudayaan. Namun secara khusus, setiap jenis perpustakaan mempunyai fungsi masing-masing, yang berbeda antara yang satu dan lainnya. Fungsi Perpus-takaan Nasional RI berbeda dengan fungsi Perpustakaan Umum, fungsi Perpusta-kaan Daerah berbeda dengan Perpustakaan Sekolah, fungsi Perpustakaan Perguru-an Tinggi berbeda dengan fungsi Perpustakaan Khusus/Dinas. Karenanya ber-beda-beda, maka masing-msing perpustakaan memiliki tujuan yang berbeda-beda pula yang harus dicapai oleh masing-masing jenis perpustakaan.
Marilah sekarang kita tinjau satu-persatu fungsi-fungsi perpustakaan menurut jenisnya.
            2.1  Perpustakaan Nasional RI,
            Menurut Keputusan Presiden nomor 11 tahun 1989, pasal 3 , menyeleng-garakan fungsi :
a.Membantu Presiden dalam rangka merumuskan kebijaksanaan mengenai pe-ngembangan, pembinaan dan pendayagunaan perpustakaan.
b. Melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan dan kerjadsama antara ba-dan/lembaga termsuk perpustakaan didalam maupun diluar negeri.
c. Melaksanakan pembinaan atas semua ejnis perpustakaan di instansi/lembaga pemerintah maupun swasta yang ada dipusat ataupun didaerah.
d. Melaksanakan pengumpulan,penyimpanan, dan pengolahan bahan pustaka dari dalam dan luar negeri.
e. Melaksanakan jasa perpustakaan, perawatan danpelestarian bahan pustaka.
f.Melaksanakan penyusunan naskah bibliografi nasional dan katalog induk na-sional.
g. Malaksanakan penyusunan bahan rujukan berupa indeks, bibliografi, subyek, abstrak dan penyususnan perangkat lumak bibiliografi.
h. Melaksanakan jasa koleksi rujukan dan naskah.
j. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan oleh Presiden.

2.2.      Fungsi Perpustakaan Daerah

Disamping,Perpustakaan Daerah yang merupakan suatu organaisasi dilingku-ngan Perpustakaan Nasional RI yang berada di daerah , menurut Keputusan Kepa-la Perpustakaan Nasional RI nomor 001/Org/9/1990, tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional RI, mempunyai fungsi :
  1. Mempersiapkan bahan perumusan kebijaksanaan pembinaan dan
pengembangan perustakaan di daerah.
  1. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan pada semua jenis
perpustakaan di daerah.
  1. Melaksanakan pengeumpulan, penyimpanan, dan pengolahan bahan
Pustaka.
d.   Melaksanakan jasa perpustakaan, perawatan dan pelestarian bahan pustaka
e.   Melaksanakan penyususnan dan penerbitan bibliobgrafi daerah dan katalog
      induk daerah.
f.    Melaksanakan penyususnan bahan rujukan berupa indeks, bibliografi,
            subyek, abstrak dan direktori.
g.   Melaksanakan jasa informasi dan rujukan (referensi).
h.   Melaksanakan kerja sama antar perpustakaan di daerah .
i.    Melaksanakan koordinasi dan evaluasi kegiatan perpustakaan di daerah.
j.    Melaksanakan urusan ketatausahaan.

2.3.      Fungsi Perpustakaan Umum dan Keliling

Perpustakaan Umum baik yang berada di Daerah Tingkat II ( Ibukota Kabu-paten / Kotamadya ), di ibukota kecamatan maupun yang berada di desa, menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 1988 dan Instruksi Menteri Da-lam Negeri nomor 21 tahun 1988, mempunyai fungsi :
a.  Menghimpun dan mengolah bahan pustaka dan informasi.
b.  Memelihara danmelestarikan bahan pustaka dan informasi.
c.  Mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka dan informsi, sebagai pusat
     kegiatan belajar, pelayanan informasi, penelitian dan menumbuhkan minat    
     dan kebiasaan membaca bagi seluruh lapisan masyarakat.

Perpustakaan Keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani kebutuhan informasi masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpusta-kaan umum. Pada hakikatnya fungsi Perpustakaan Keliling sama dengan Perpus-takaan Umum . Perpustakaan Keliling merupakan kepanjangan layanan Perpusta-kaan Umum.

2.4      Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan Sekolah menurut Keputusan Menteri Pendidiknan dan Kebuda-yaan nomor 0103/O/1981, tanggal 11 Maret 1981, mempunyai fungsi sebagai :
a.       Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti
      tercantum dalam kurikulum sekolah
b.      Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembang- 
      kan kreativitas dan imajinasinya.
c.       Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu  
luang (buku-buku hiburan)
Semua fungsi tersebut akan tergambar dalam koleksi pepustakaan bersangkutan.






















BAB III
ASPEK-ASPEK PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

3.1.      Aspek Status, Ogranisasi dan Manajemen

Sampai saar ini status beberap jenis perpustakaan, seperti perpustakaan khu-sus, perpustakaan sekolah, perpustakaan perpguruan tinggi dan lain-lain, belum jelas, khususnya tentang eselonisasinya. Hal ini mengakibatkan tidak jelas pula aspek-aspek lainnya, misalnya berapa luas gedung/ruangannya, berapa banyak pustakawannya, berapa banyak koleksinya dan lain-lain. Oleh karena itu status be-berapa  jenis perpustakaan masih menjadi masalah yang perlu diperjuangkan. Yang statusnya telah jelas adalah Perpustakaan Nasional RI (eselon I), Perpusta-kaan  Daerah (eselon II) dan Perpustakaan Umum Dati II (eselon IV).
Karena status masih belum jelas maka organisasinya juga menjadi masalah sehingga organisasi perpustkaan dalam Undang-undang Perpustakaan yang akan datang dapat disusun meliputi:
1.      Kepala Perpustakaan (unsur pimpinan)
2.      Petugas tata usaha perpustakaan ( unusur pembantu pimpinan)
3.      Unsur pelaksana yang terdiri atas:
   a). Petugas pengadaan/pengolahan baha pustaka
   b). Petugas pelayanan (sirkulasi dan referensi)
   c). Petugas penyuluhan/pemasyarakatan
   d). Petugas penelitian dan pengembangan

Manajemen perpustakaan fungsi kegiatannya meliputi perencanaan, peng-organisasian, penggerakan, dan pengawasan ( POAC= Planning, Organization, Actuating dan Controlling)
Dalam perencanaan kepala perpustakaan dapat menggungakan prinsip-prinsip Manajemen Berdasarkan Sasaran ( MBS atau Mangement By Objectives (MBO).

3.2.      Aspek Ketenagaan

Keberhasilan suatu perpustakaan diukur berdasarkan tinggi rendahnya ke-mampuan perpustakaan tersebut dalam melaksanakan fungsinya sebagai pusat ke-giatan belajar mandiri serta pusat pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi masyarakat sekelilingnya. Untuk itu sebuah perpustakaan dari segi fisiknya mer-lukan pembinaan yang tepat, yang memperhatikan perpaduan aspek lokasi gedung ruangan dan  koleksi bahan pustaka agar serasi, selaras dan seimbang dengan ba-ik. Tidak boleh terjadi alur kerja terhambat karena masalah ruang. Ini berarti bah-wa petugas perpustakaan harus dapat mengatur ruang sedemikian rupa sesuai de-ngan kondisi yang ada.


































BAB IV
PENUTUP

Perpustakaan Sekolah merupakan unit kerja dan sebagai perangkat mutlak (complement) dari sekolah yang bersangkutan. Dengan tujuan menyediakan ko-leksi pustakan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Dikatakan juga bahawa perpustakaan tersebut sebagai “jantungnya” pelaksanaan pendidikan pada lembaga itu.
Sedangkan fungsi utamanya yaitu sebagai pusat sumber belajar, pusat sumber informasi dan pusat bacaan rekreasi dan pengisi waktu senggang. Untuk selanjutnya perpustakaan itu sebagai tempat membina minat dan bakat siswa, me-nuju belajar sepanjang hayat (Long Life Education)

























DAFTAR PUSTAKA

MUJITO, Pembinaan Minat Baca, Jakarta : Universitas Terbuka,1993
MARTOATMOJO,Karmidi. Manajemen Perpustakaan Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka, 1997
———————————-. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka, 1993
SULISTYO,Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan: Universitas Terbuka, 1993




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "inilah peran dan fungsi perpustakaan"

Post a Comment